Tuesday 22 April 2014

Ayam Kremes Maknyus

resep ayam kremes enak





















Bahan Utama :
1 ekor ayam
300ml air
Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar,
10 butir miri atau kemiri,
6 siung bawang putih
2 sdt garam
Bahan kremesan
3 sdm tepung tapioca atau tepung kanji
100gram tepung beras
5 siung bawang merah, haluskan
½ sdt garam
150ml air
2butir telur
Cara memasak :
1. Potong ayam sesuai selera. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan ayam. Aduk hingga rata dan tambahkan air. Biarkan bumbu hingga terserap sempurna keseluruh daging ayam. Setelah semua bumbu terserap, angkat daging ayam. Sisihkan untuk sementara.
2. Campurkan seluruh bahan untuk kremesan dan aduk hingga benar-benar rata. Setelah bahan sudah diaduk dengan rata, sisihkan.
3. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian setelah cukup panas goreng ayam hingga berwarna keemasan atau kecoklatan. Setelah semua ayam selesai digoreng, kecilkan api dan lanjutkan dengan membuat kremesan. Caranya, tuang sesendok demi sesendok kedalam minyak yang cukup panas. Normalkan api, namun jangan terlalu besar agar kremesan yang dibuat tidak gosong. Lakukan hingga semua bahan habis tidak tersisa.
4. Ayam kremes siap untuk disajikan.
Resep masakan ayam kremes akan menjadi lebih nikmat jika disajikan dengan sambal tomat. Berikut resep sambal tomat yang bisa anda coba:
Cabe rawit secukupnya,
Cabe merah besar secukupnya,
tomat secukupnya,
bawang merah secukupnya,
Jeruk nipis
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sdt
Minyak Goreng
Cara membuat sambal : cuci bersih tomat, cabe merah, cabe rawit dan bawang merah. Goreng bahan tersebut sebentar ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Setelah digoreng, segera haluskan bahan tersebut dengan ditambahkan garam, gula dan jeruk nipis. Sambal tomat siap disajikan. Jika anda penggemar terasi, anda juga bisa menambahkan terasi ke dalam sambal tersebut, namun ingat terasi yang akan digunakan sebaiknya digoreng sebentar.
Kini, ayam kremes sudah bisa dinikmati bersama dengan sambal tomat dan sayur lalapan yang pastinya akan semakin mengundang selera makan .

Sumber : http://dapurresep.com/resep-masakan-ayam-kremes-maknyus/

No comments:

Post a Comment