Tuesday 22 April 2014


Sop Buntut Sederhana

resep-sop-buntut

Bahan:
- 500 gr buntut sapi
- 100 gr kentang
- 100 gr wortel
- 750 ml air
- 1 batang daun bawang, diiris tipis
- 1 buah tomat, diiris
- 1 batang seledri
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- pala secukupnya
- gula pasir secukupnya
- bawang goreng secukupnya untuk taburan
Bumbu halus:
- 3 siung bawang putih
- 1 bawang Bombay
- jahe secukupnya
Cara membuat resep sop buntut:
1. Rebus air. Masukkan buntut sapi yang sudah dipotong dan tambahkan merica, garam, gula pasir, dan pala bubuk. Rebus sampai empuk. Setelah empuk lalu masukkan kentang dan wortel.
2. Selanjutnya bumbu halus ditumis sampai wangi. Masukkan ke dalam rebusan buntut sapi tadi. Lalu tambahkan juga daun bawang dan seledri. Masak sampai matang.
3. Setelah matang, angkat dan sajikan ke dalam mangkok dan taburi bawang goreng.
Memasak sop buntut memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kurang lebih 1 jam. Agar daging benar-benar empuk, anda bisa rebus terlebih dahulu selama 10-15 menit. Lalu airnya dibuang. Ganti dengan air mendidih lainnya, lalu daging dimasukkan. Tambahkan bawang putih, biji pala, cengkeh, dan kayu manis. Rebus hingga airnya berkurang. Lalu matikan kompor.
Daging jangan langsung dimasak. Diamkan terlebih dahulu di dalam panci supaya panasnya hilang. Lalu simpan di dalam lemari es selama semalaman. Hal ini supaya lemak yang menempel pada daging akan hilang. Keesokannya anda akan melihat lemak daging akan naik sendiri. Lalu buang lemaknya. Sesudah dibuang, rebus lagi dagingnya. Dan masak seperti biasa dengan ditambah bahan-bahan lainnya. Demikian cara membuat dan resep sop buntut.

Sumber : http://dapurresep.com/resep-sop-buntut-sederhana-yang-enak/

No comments:

Post a Comment